Mengenal Dasar SEO Google Console Webmaster Tools

Konsep Dasar SEO
Mari kita mulai mengenal dasar Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan kualitas, visibiltas dan traffic website/blog di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan yang lainnya. SEO merupakan aktivitas yang merujuk kepada usaha dan strategi untuk mendapatkan posisi pertama di mesin pencari sehingga dapat meingkatkan trafik website/blog secara organik.

Aktivitas SEO dipengaruhi oleh beberapa kebijakan Google atau yang disebut Algoritma Google yang tujuannya untuk memberikan hasil yang terbaik untuk pengguna atau audience. Algoritma Goole apa saja yang membuat aktivitas SEO lebih baik?, berikut ini beberapa Algoritma Google yang membuat SEO lebih baik seperti Goole Panda, Google Penguin, Humming Bird, Pigeon, Mobile, RankBrain, Possum, Fred, dan mobile first Indexing.

Googe Algoritma tersebut terpokus kepada duplikasi atau plagiat konten, penggunaan keyword stufing, tautan link yang menipu atau manipulasi, konten yang mempunyai kualitas rendah, kualitas on-page off-page yang kurang teroptimasi, aksesibilitas website atau page pada prangkat mobile, UI UX buruk dan konten sedikit, menapilkan hasil yang spesifik dan tertarget, fokus pada konten yang sedikit dan penggunaan affiliasi iklan atau ads terlalu berlebihan.

Tidak sedikit orang yang menyerah dengan perubahan Algoritma Google, namun sebenarnya Google sendiri punya tujuan yang positif yakni supaya pengguna bisa mencari sesuatu yang relevan sesuai dengan apa yang mereka cari pada penelusuran. Oleh karena itu kini kita paham cara mengoptmiasi website supaya berada di halaman pertama yaitu jangan bertentangan dengan Algoritma Google.

Strategi SEO kali ini bisa di aplikasikan untuk meningkatkan performa website dan tidak bertentangan dengan Algoritma Googe:

Konsep Dasar SEO

Memahami konsep dasar SEO berarti sudah siap untuk menjalankan bisnis online dengan optimal pada penelusuran yakni dengan menyajikan konten yang impormatif, menampilkan website yang memudahkan pengguna mengakses konten, navigasi dan struktur website yang baik, mengutamakan kepuasan pengguna UI UX, dan meningkatkan popularitas website dengan SEO yang di rekomendasikan.

Analisa Duplikat Konten

Konten sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna oleh sebeb itu diperlukan analisa duplikat konten yang teliti sehingga tidak di anggap duplikat atau plagiat oleh mesin pencari, namun sebelum masuk ke tahap cara analisa duplikat konten patut anda ketahui ada beberapa konten yang tidak akan dianggap duplikat seperti web forum diskusi, item toko online, dan laman web versi khusus printer.

Cara ini mempermudah mengatasi konten duplikat pada situs website:
  • rel='cannonical', kode ini sering digunakan untuk mengatasi duplikat konten yang diakibatkan website telah di modifikasi versi mobile sehingga banyak ragam url. Caranya dengan memasukan kode <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/> di bawah <head>.
  • meta robot no-index, kode ini bisa mengatasi duplikat konten dengan meletakan kode berikut di bawah <title>:
<b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'>
<meta content='noindex' name='robots'/>
</b:if>

<b:if cond='data:blog.searchLabel'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>

<b:if cond='data:blog.isMobile'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>
  • Gunakan 301 : cara ini merupakan ridirect permanent untuk pengguna, googlebot, dan spider lain supaya website anda terhindar dari index duplikat konten. Caranya anda bisa pergi ke file.htaccess; di IIS.
  • Buat internal link konsisten yakni menuju ke http://www.example.com/ bukan http://www.example.com/page/, http://www.example.com/page dan http://www.example.com/page/index.html.
  • Sajikan konten pada domain utama seperti http://www.example.com/ dan jangan sajikan kembali konten pada sub-domain misal http://www.news.example.com/.
  • Jika anda menjalankan bisnis dengan menempatkan konten website anda di oranglain harus disindikasikan dengan cermat dengan mencantumpkan tautan balik ke situs konten anda.
  • Minimalkan pengulangan boilerplate: hal ini banyak terjadi pada kalangan blogger yakni membuat artikel yang kemudian di bawahnya memberikan link hak cipta, alangkah baiknya anda membuat ringkasan lalu di arahkan ke tautan yang lebih detail.
  • Pengguna tidak menyukai apabila disajikan halaman yang kosong atau tidak lengkap, untuk itu hindari palceholder atau anda bisa menggunakan meta tag no-index untuk halaman yang belum siap di publish.
  • Pahami pengelolaan konten.
  • Meminimalkan konten yang serupa, Contoh anda berkunjung ke tempat rekreasi yang berbeda sedangkan alur ceritanya memliki kesamaan alangkah baiknya dibuat dalam satu artikel dengan menjelaskan kedua tempat rekresi tersebut, dengan begitu konten anda bisa lebih impormatif.

Membuat Brief yang Baik untuk Konten Internal

  • Konten yang baik dan bagus itu bersifat natural tidak melebih lebihkan, selain itu ada beberapa hal yang penting untuk menciptkan konten internal yang berkualitas yakni harus memiliki keyword density atau kepadatan keyword kurang dari 5% jika jumlah kata artikel 100.

  • Konten yang terlalu sedikit akan di anggap buruk oleh mesin pencari oleh sebab itu buat artikel yang memiliki panjang minimal 350 - 1000 kata.
  • Menggunaka Bold, underline, italic di setiap keyword atau kata penting akan terlihat lebih profesional namun jangan berlebihan.

  • Tambahkan keyword yang sesuai dengan tema konten anda di judul, paragraf pertama, dan paragraf terakhir.

  • Keyword di meta description membantu mesin pencari memahami tema blog anda sehingga membuka kesempataan pada website anda untuk berada di posisi teratas dengan keyword tertentu.

  • Menggunakan subheader (h2-h6) yang berisi keyword memudahkan mesin pencari memahami isi konten.

Link building 

Menghindari keyword stuffing

Webmaster Tools (Console)