5 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas untuk Pemula

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian optimasi agar website bisa menempati tempat terbaik di mesin pencari. Salah satu optimasinya adalah membuat artikel yang SEO friendly. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas cara menulis artikel SEO friendly berkualitas.

Artikel atau konten saat ini adalah raja. Artikel yang bagus tentu akan membawa dampak baik untuk SEO pada website. Nah, berikut ini akan kami ulas 5 cara mudah membuat artikel yang SEO friendly. Trik ini khusus untuk Anda yang baru memulai:

5 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas untuk Pemula
cara menulis artikel SEO friendly berkualitas
1. Memperhatikan Jumlah Kata
Pakar SEO sepakat, jumlah kata pada artikel yang cocok untuk SEO adalah 500 kata. Semakin besar jumlah kata pada kerangka artikel, maka akan semakin bagus. Bahkan, ada juga yang hingga mencapai 2000 kata lebih untuk satu artikel saja. Dengan begitu, penulis pun akan lebih leluasa dalam menulis suatu pembahasan.

2. Kedalaman Pembahasan

Jumlah kata harus disesuaikan dengan kedalaman pembahasan. Artinya, semakin banyak jumlah kata, maka pembahasan pun harus semakin mendalam. Ketelitian pun diperlukan terkait hal ini. Penulis harus mampu menulis artikel panjang tanpa basa-basi dan sepenuhnya informatif. Dengan begitu, pembaca pun akan puas dengan informasi yang lengkap dan jelas.

3. Penggunaan Keyword

Dewasa ini, tingkat density kata kunci tidak boleh lebih dari 3%. Misalnya, Anda menggunakan kata kunci “jasa SEO” pada artikel Anda. Maka, pengulangan kata kunci tidak boleh lebih dari 3% dari jumlah kata. Idealnya, density hanya 2% saja. Contoh, untuk artikel 500 kata, Anda hanya boleh mencantumkan 3-4 kata kunci saja. Jumlahnya akan berbeda sesuai dengan jumlah kata pada artikel.

4. Peletakan Keyword

Peletakan keyword yang masih umum saat ini yaitu di judul, pada 100 kata pertama paragraf pertama, dan paragraf terakhir. Untuk artikel dengan jumlah lebih dari 1000 kata, sisa peletakan kata kunci bebas. Ini masih menjadi standar peletakan kata kunci hingga saat ini. Tapi, ada juga beberapa artikel yang tidak meletakkan keyword pada judul.

6. Penggunaan LSI Keyword

Latent Semantic Indexing Keyword (LSI) kini sudah sering digunakan untuk mengoptimalkan artikel SEO Friendly. LSI adalah keyword yang terkait. LSI keyword bisa Anda dapatkan dengan mudah. Ketiklah kata kunci yang akan digunakan untuk artikel di Google.

Setelah diketik di Google, Anda akan menemukannya pada ‘pencarian terkait’. Pencarian terkait itulah yang bisa Anda gunakan sebagai LSI, atau kata kunci tambahan pada artikel.

Itulah 5 cara menulis artikel SEO friendly berkualitas. SEO adalah optimasi penting pada artikel website. Namun yang tak kalah penting, artikel yang dibuat tetap harus human readable. Karena, tujuan pembuatan artikel yang utama adalah untuk pembaca, bukan untuk mesin.