Pentingnya Artikel SEO Friendly Pada Sebuah Website

Menulis artikel di blog/website, berbeda dengan cara menulis konvensional. Penulis artikel di website sedikitnya harus paham dan mengenal SEO (Search Engine Optimization). Pasalnya, artikel SEO friendly akan menempatkan suatu website pada posisi terbaik di mesin pencari, atau Google. Dengan begitu, artikel yang dibuat mudah ditemukan oleh para pembaca, atau pengguna mesin pencari.

Dampak positif dari optimasi SEO pada artikel yaitu dapat meningkatkan visitor website. Ada beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam pembuatan artikel SEO friendly. Hal tersebut seperti:

Pentingnya Artikel SEO Friendly Pada Sebuah Website
Artikel SEO Friendly

  • Riset kata kunci yang banyak dicari
  • Penggunaan LSI keyword pada artikel
  • Jumlah kata minimal 500 kata untuk 1 artikel
  • Keyword density 2%-3%
  • Informatif
  • Bahasan yang mendalam
Hal di atas adalah konsep dasar dari artikel SEO. Selain hal di atas, ada yang tak kalah penting, yaitu artikel harus human readable. Karena, konsep pembuatan artikel tetap ditujukan untuk pengguna mesin pencari (manusia). Meski dibuat secara SEO, artikel tetap harus nyaman dibaca. Selain itu, artikel pun harus menjadi solusi bagi pembaca.

Kenyamanan pembaca harus diutamakan. Pasalnya, algoritma Google akan mendeteksi seberapa nyaman pembaca berada di website Anda. Jika pembaca betah membaca artikel Anda, maka akan menjadi nilai plus di mata mesin pencari. Website Anda akan direkomendasikan Google sebagai solusi bagi pembaca yang mencari informasi terkait.

Artikel yang SEO friendly berperan penting bagi suatu blog atau website. Konten tersebut akan menentukan sejauh mana website Anda mampu menempati posisi di mesin pencari. Artinya, buatlah artikel senyaman mungkin bagi pembaca, lalu optimasikan dengan SEO. Dengan begitu, halaman website Anda berkesempatan untuk bertengger di posisi terbaik mesin pencari.

Cara Membuat Artikel SEO yang Nyaman Dibaca

Pakar SEO yang berpengalaman, sepakat bahwa artikel atau konten adalah raja. Artikel harus dibuat senyaman mungkin agar pembaca betah. Bagaimana cara membuatnya? Simak berikut ulasannya:
  • Buatlah paragraf yang pendek. Usahakan untuk tidak membuat paragraf lebih dari 5 baris. Tujuannya agar mata pembaca tidak mudah lelah.
  • Buatlah poin-poin agar pembaca nyaman membaca artikel Anda. Gunakan juga sub judul jika artikel dibuat lebih dari 500 kata.
  • Gunakanlah kalimat pendek. Penempatan titik maksimal 1,5 baris atau maksimal 115 karakter tanpa spasi. Setiap kalimat harus mengandung informasi, atau tidak bertele-tele.
  • Artikel harus informatif. Jangan terlalu banyak beretorika.
  • Artikel dibuat secara mendalam. Tujuannya agar pembaca bisa mendapatkan informasi lengkap hanya dari website Anda.
Itulah informasi seputar artikel SEO friendly. Kami juga ulas lengkap tentang bagaimana cara membuatnya. Setiap pemilik website atau blog, harus tahu bagaimana cara membuatnya. Agar, website-nya bisa menempati posisi terbaik di mesin pencari. Konten adalah raja, jadi Anda harus benar-benar serius dalam menggarap konten yang bagus.