Pentingnya SEO untuk Website dan Blog

Pentingnya SEO untuk Website dan Blog
SEO
Saat ini website dan blog tidak hanya dijadikan sebagai hobi saja. Website dan blog digunakan juga untuk tujuan tertentu, seperti pemasaran, promosi, dan lainnya. Banyak website yang kini hadir, membuat kita sedikit kesulitan untuk bersaing di mesin pencari. Itulah salah satu alasannya kenapa kita harus memahami apa itu SEO.

SEO merupakan rangkaian optimasi untuk membuat website mudah dirayap oleh mesin pencari. Dengan begitu, website akan mudah ditemukan dan mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari. Mesin pencari yang kami maksud di sini meliputi Google, Bing, dan Yahoo.

Pembagian SEO

SEO sendiri terbagi menjadi dua bagian. Pertama yaitu on page, dan kedua off page. Optimasi keduanya berbeda. Keduanya harus dioptimasikan agar website dapat menempati posisi terbaik di mesin pencari. Untuk lebih jelas seputar keduanya, simak penjelasannya di bawah ini:

1. On Page

On Page adalah optimasi yang harus pertama kali dilakukan. On page adalah optimasi yang dilakukan di dalam website itu sendiri. Optimasi ini meliputi:
● Pembuatan artikel yang berkualitas
● Kecepatan website
● Tampilan website yang user friendly
● Membuat menu kategori pada header
● Memilih niche yang relevan
● Penggunaan dan penempatan keyword
● Dan lain-lain
On page adalah optimasi awal yang harus dilakukan. Karena, jika optimasi ini belum maksimal, maka off page tidak akan bekerja dengan baik.

2. Off Page

Optimasi off page bisa dilakukan jika on page pada website sudah optimal. Off page adalah optimasi yang dilakukan di luar website itu sendiri. Optimasinya meliputi:
● Membagikan link di media sosial
● Mempromosikannya melalui iklan berbayar
● Penanaman backlink
● Dan lain-lain

Keuntungan SEO untuk Website

Mengoptimasikan search engine optimization, menawarkan sejumlah keuntungan pada website. Adapun keuntungan-keuntungannya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Traffic Website

Tujuan utama dari optimasi ini adalah untuk mendapatkan traffic yang berlimpah. Optimasi yang tepat, akan membawa website pada peringkat terbaik di mesin pencari. Sehingga, website Anda akan mudah ditemukan dan dirayap oleh mesin pencari.

2. Brand Anda Semakin Dikenal

Khusus untuk pelaku usaha, optimasi ini bermanfaat agar brand yang Anda miliki dikenal oleh masyarakat luas. Dengan begitu, keuntungan bisnis pun akan kian meningkat. Dengan optimasi yang tepat, bahkan dapat meningkatkan potensi konversi pengunjung menjadi pembeli yang lebih tinggi.

3. Menjaring Konsumen yang Lebih Luas

Pengguna internet aktif di Indonesia semakin meningkat. Artinya, brand Anda kemungkinan besar akan dikenal oleh banyak orang dari berbagai daerah. Dengan begitu, semakin mudah untuk Anda yang ingin menjaring konsumen yang lebih besar.

Nah, itulah beberapa ulasan penting seputar SEO yang wajib diketahui oleh pemilik blog maupun website. Optimasi tersebut sangat penting untuk Anda yang ingin mempopulerkan brand atau perusahaan Anda.