Cara Menulis Artikel Seo Friendly Berkualitas yang Wajib Diketahui

Artikel SEO Friendly
Artikel adalah suatu kebutuhan vital pada blog maupun website. Artikel adalah konten website yang disuguhkan secara informatif maupun persuasif. Para blogger, tentunya harus memahami peraturan dasar cara menulis artikel SEO friendly berkualitas. Karena, hanya jenis artikel SEO lah yang dapat menempatkan website atau blog pada peringkat yang lebih baik pada mesin pencari.

Apa Itu Artikel SEO Friendly?

Artikel SEO friendly yang dimaksud, bukanlah artikel yang membahas tentang SEO. Namun, jenis artikel yang telah dioptimasi dengan SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah rangkaian optimasi agar website dapat menempati peringkat terbaik di mesin pencari. Di sini, penulis artikel tidak perlu memahami SEO secara keseluruhan.

Artikel SEO friendly termasuk ke dalam jenis optimasi SEO on page. Atau, SEO yang dioptimasi di dalam blog atau website bersangkutan. Artikel SEO friendly bertujuan agar halaman website dapat dengan mudah dirayap oleh mesin pencari.

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Cara membuat artikel yang SEO friendly bisa dikatakan susah-susah gampang. Berikut akan kami paparkan cara-caranya:

1. Riset Keyword

Hal yang harus dilakukan pertama kali sebelum mulai menulis adalah riset keyword. Tujuannya agar Anda membuat artikel yang banyak dicari oleh pembaca. Riset keyword bisa menggunakan tools atau dilakukan secara manual. Untuk cara manual, Anda bisa menemukannya pada search suggestion pada mesin pencari.

2. 1 Artikel Minimal 500 Kata

Panjang artikel juga mempengaruhi SEO. Logikanya saja, semakin panjang suatu artikel, maka semakin panjang dan detail juga pembahasannya. Inilah yang menjadi nilai plus pada mesin pencari. Untuk maksimalnya, artikel bisa dibuat hingga 3000 kata, atau sesuai dengan bahasan.

3. Kualitas Artikel

Panjang saja tidaklah cukup. Anda harus bisa menguraikan pembahasan minimal 500 kata sedetail mungkin. Pastikan artikel yang diulas informative dan relevan, atau tidak keluar dari bahasan. Kualitas artikel juga dapat mempengaruhi blog atau website. Pasalnya, Google memiliki algoritma bounce rate untuk menilai kualitas konten pada website.

4. Jumlah Keyword

Banyak yang mempertanyakan tentang jumlah keyword, atau keyword density. Para pakar SEO sepakat, bahwa tingkat density keyword tidak boleh lebih dari 4%. Artinya, keyword yang telah Anda riset, harus tercantum 3-4 % dari jumlah kata pada setiap artikel. Atau sekitar 3-4 keyword untuk jumlah kata 500.

5. Penempatan Keyword

Keyword harus ditempatkan senatural mungkin. Sehingga, tulisan yang Anda buat tidak ‘mencederai mata’ pembaca. Penempatan yang pas untuk keyword yaitu di judul, di paragraf pertama (100 kata pertama), sub judul, dan akhir artikel.

Demikianlah ulasan cara menulis artikel SEO friendly berkualitas untuk pemula. Cara di atas akan membantu Anda dalam mengembangkan blog dan website yang saat ini sedang dirintis.