Rahasia Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Rahasia Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas
SEO Friendly
Artikel SEO Friendly adalah artikel yang telah dioptimasi dengan SEO. Sehingga, artikel tersebut mudah dirayap oleh mesin pencari, seperti Google. Artikel SEO friendly memiliki kemungkinan besar untuk menduduki peringkat pertama di mesin pencari. Cara menulis artikel SEO Friendly berkualitas merupakan suatu teknik yang banyak dicari.

Untuk Anda yang sedang mencari rahasia cara membuatnya, berikut akan kami paparkan hal-hal yang wajib Anda ketahui dalam membuat artikel SEO friendly:

1. Riset Kata Kunci

Kata kunci adalah salah satu hal yang fundamental dalam pembuatan artikel yang SEO friendly. Riset kata kunci bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi khusus. Untuk yang ingin merisetnya secara gratis, Anda bisa menggunakan keyword suggestion pada mesin pencari.

Misalnya, Anda akan mencari artikel tentang review HP. Carilah kata kunci yang sering dicari terkait kata kunci tersebut. Misalnya, “review HP murah 1 jutaan.”

2. Penempatan Kata Kunci

Perhatikan penempatan kata kunci pada artikel. Idealnya, kata kunci diletakkan pada judul, paragraf pertama, dan paragraf terakhir. Perhatikan juga density atau jumlah kata kunci. Untuk artikel 300 kata, cukup menggunakan  3 kata kunci saja. Tingkat density yang baik adalah 2%-3% dari jumlah kata artikel tersebut.

3. Jumlah Kata

Pada dasarnya, artikel SEO friendly minimum memiliki 500 kata. Maksimalnya bisa 1000-3000 kata menyesuaikan dengan tema. Semakin tinggi jumlah kata, maka akan semakin bagus untuk SEO. Namun, semakin  banyak jumlah katanya, maka pembahasannya pun harus semakin luas dan mendalam, atau tidak berputar-putar.

4. Informatif

Google adalah perusahaan yang sering mengganti algoritma terkait kebijakan SEO. Salah satu algoritma yang perlu Anda ketahui adalah sistem bounce rate. Sistem akan menilai baik buruknya artikel. Sistem tersebut dapat merekam aktivitas pembaca. Jika pembaca tidak puas, lalu langsung keluar dari halaman website, maka akan berdampak buruk pada website tersebut.

Solusinya, buatlah artikel yang informatif, jelas, dan mendetail sesuai kebutuhan pembaca. Jika pembaca senang, dan mereka betah, maka Google akan mencatat hal tersebut, dan memberi nilai bagus pada website Anda.

5. Gunakan Meta Tag Deskripsi

Meta tag adalah salah satu optimasi SEO yang perlu diperhatikan. SEO biasanya terdiri hanya 170 – 200 karakter saja. Masukkan juga kata kunci dalam meta tag tersebut. Meta  tag sangat penting sebagai informasi singkat terkait isi dari artikel Anda.

6. Pembahasan Mendalam dan Mendetail

Artikel saat ini harus dibuat secara mendalam dan mendetail. Contohnya, Anda membuat artikel dengan tema cara membuat website. Pastikan Anda membahasnya dari nol hingga akhir secara lengkap. Dengan begitu, pembaca akan mendapatkan semua informasi tanpa perlu mencarinya di tempat lain.

Bagaimana, Mudah bukan cara membuatnya? Itulah rahasia cara menulis artikel SEO friendly berkualitas yang bisa Anda coba sendiri.