Pengenalan dan Cara Mengoptimasi SEO Youtube

SEO YouTube
SEO (Search Engine Optimization) tidak hanya dikenal di kalangan Blogger. SEO juga sudah dikenal di kalangan Youtuber. SEO Youtube memiliki fungsi yang sama dengan SEO pada website. Yaitu, agar konten yang kita buat bisa muncul di halaman mesin pencari, maupun di pencarian Youtube itu sendiri. Namun, cara mengaplikasikan SEO pada Youtube, jelas berbeda dengan SEO pada website.

Apa Itu SEO YouTube?

Anda sudah mengunggah video yang bagus di Youtube tapi masih minim viewer? Bisa jadi masalahnya terletak pada optimasi SEO yang tidak Anda aplikasikan. Fungsi SEO pada Youtube yaitu untuk mempermudah konten video muncul ketika dicari oleh pengguna. Misalnya, Anda membuat video tutorial hijab. Ketika pengguna mencari kata kunci “tutorial hijab” di Youtube, maka video Anda bisa langsung muncul di halaman utama.

Cara Mengaplikasikan SEO Pada YouTube

Tanpa berlama-lama, yuk intip bagaimana caranya mengaplikasikan SEO pada konten atau channel Youtube kita.

1. Riset Keyword

Riset keyword sangat penting agar video Anda mudah ditemukan. Carilah keyword yang banyak dicari. Contohnya, Anda membuat video tema tutorial kerudung, carilah riset keyword dengan tema yang sama, misalnya yang banyak dicari adalah tutorial kerudung segi empat, maka gunakanlah keyword tersebut.

2. Gunakan Keyword Pada Judul

Setelah mendapatkan keyword yang banyak dicari, silahkan Anda gunakan keyword tersebut di dalam judul. Hal inilah yang akan mempermudah konten Anda untuk bisa menduduki posisi pertama di mesin pencari.

3. Gunakan Keyword Pada Deskripsi

Pastikan juga Anda menggunakan keyword yang sudah didapatkan pada deskripsi, tujuannya yaitu agar keyword yang Anda gunakan semakin powerfull. Sehingga, konten Anda akan mudah ditemukan oleh para pengguna Youtube.

4. Buat Konten Video yang Berkualitas

Konten adalah raja. Jadi, optimasi SEO Anda akan sia-sia jika Anda tidak memiliki konten yang berkualitas. Jadi, pastikan Anda membuat jenis video yang bagus dan layak ditonton. Selain itu, silahkan pilih kualitas video terbaik yang diunggah ke Youtube. Karena, Youtube senang dengan kualitas video yang bagus.

5. Video Tidak Melanggar Hak Cipta

Ada banyak kasus kenapa channel Youtube-nya tidak bisa dimonetisasi, bahkan ada yang sampai diblokir. Salah satu penyebabnya adalah karena video yang diupload melanggar hak cipta. Yaitu, jenis video milik orang lain yang kita upload ulang untuk dijadikan sebagai sebuah konten.

Hal ini tentu akan berdampak buruk pada channel yang Anda bangun. Jadi, pastikan video yang Anda unggah ke Youtube adalah video original murni buatan Anda sendiri, ya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait SEO Youtube. Bagi Anda yang berencana untuk menjadi seorang Youtuber, yuk kenali, pelajari, dan aplikasikan SEO di atas agar konten Anda mudah ditemukan oleh para pengguna Youtube yang mencarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

untuk saran silahkan berkomentar di bawah ini!