Penjelasan Singkat dan Jelas Tentang Apa Itu SEO

SEO (Search Engine Optimization)
Dewasa ini, perkembangan digital marketing sudah membawa perubahan baru dan modern dalam sistem pemasaran maupun promosi. Lahirnya optimasi SEO (Search Engine Optimization), menjadi salah satu tandanya. Optimasi tersebut umumnya dilakukan oleh para pemilik website atau blog untuk meningkatkan trafik. Namun, kini tidak hanya sekedar website, fungsinya juga bermanfaat bagi para Youtuber.

Apa Itu Optimasi SEO?

Search Engine Optimization merupakan optimasi untuk meningkatkan traffic pada website. Selain itu, optimasi ini digunakan juga untuk Youtube agar konten yang diupload mudah ditemukan di mesin pencari Youtube.

Fungsinya yaitu memanfaatkan berbagai optimasi keyword, dan berbagai optimasi lainnya terkait hal yang dapat meningkatkan potensi traffic.

Jenis-Jenis Search Engine Optimization

Di dalam website atau blog, optimasi ini terbagi ke dalam dua jenis. Yaitu, optimasi On Page dan Off Page. Nah, berikut akan kami jelaskan keduanya secara lengkap di bawah ini:

Optimasi On Page

On page adalah optimasi yang dilakukan di dalam website atau blog itu sendiri. Optimasi ini meliputi pembuatan artikel yang SEO friendly, membuat sebuah menu halaman agar mudah diakses sesuai kategori, dan mempercepat loading website agar nyaman diakses oleh para user.

On Page adalah basic yang harus diaplikasikan sebelum mengaplikasikan Off Page. Anda harus Bahkan, optimasi Off Page tidak akan berfungsi optimal, jika On Page ini tidak diaplikasikan pada website.

Optimasi Off Page

Off Page adalah optimasi yang dilakukan di luar website atau blog terkait. Misalnya seperti membangun sebuah backlink yang nantinya ditargetkan untuk website utama. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan optimasinya di mesin pencari. Sehingga, website tersebut akan mudah sekali dirayap oleh mesin pencari dengan mudah dan juga cepat.

Cara Mengaplikasikan SEO untuk Pemula

Anda baru tahu tentang search engine optimization dan ingin mengaplikasikannya? Nah, di sini, kami akan menjelaskannya secara mudah dan singkat untuk Anda agar bisa memulainya:

1. Bangun search engine optimization pada website dan blog yang Anda buat. Buatlah website Anda ramah bagi pengunjung. Misalnya seperti dengan membuat sebuah menu kategori di bagian header website untuk memudahkan pengunjung dalam mencari tema.

2. Buatlah website Anda agar cepat diakses. Misalnya dengan cara memperkecil  ukuran gambar, memilih jenis theme website yang nyaman dan juga mudah diakses.

3. Buatlah artikel yang telah dioptimasikan khusus untuk mesin pencari. Artikel adalah konten di dalam sebuah website. Konten adalah raja pada sebuah website. Jadi, perlakukan konten Anda sebaik mungkin dengan membuatnya secara optimal.

4. Setelah on page optimal, Anda bisa langsung membangun link building.

Nah, itulah penjelasan seputar SEO bagi Anda yang belum tahu tentang apa itu search engine optimization dan manfaatnya. Optimasi ini, akan membantu Anda dalam mengembangkan usaha yang sedang dibangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

untuk saran silahkan berkomentar di bawah ini!