Rahasia SEO YouTube Untuk Mendapatkan Ribuan Viewer

SEO YouTube
Mendapatkan view yang tinggi tentu menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi channel Youtube yang kita bangun. Namun, mendapatkan view yang tinggi tidak semudah yang kita bayangkan. Diperlukan wawasan tentang SEO Youtube agar video yang kita unggah mendapatkan jumlah view dan subscribe yang banyak.

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik white hat untuk mewujudkan hal di atas. Ingin tahu caranya? Simak artikel ini hingga selesai.

1. Riset Kata Kunci

Kata kunci menjadi hal yang menentukan agar video Anda mudah ditemukan. Cara menentukannya cukup mudah. Contohnya, Anda akan membuat video tutorial memasak nasi goreng. Carilah pada keyword suggestion di mesin pencari Youtube yang sering digunakan.

Misalnya, cara memasak nasi goreng mudah. Nah, gunakanlah kata kunci tersebut untuk judul dan deskripsi.

2. Cara Mengaplikasikan Kata Kunci

Aplikasikan kata kunci pada judul video Youtube Anda. Misalnya keyword yang dipakai, “cara memasak nasi goreng” , gabungkan menjadi “cara memasak nasi goreng suwir ayam yang mudah”.
Selain di judul, masukkan juga kata kunci pada deskripsi video. Usahakan jangan terlalu banyak menggunakannya. Satu atau dua kali saja sudah cukup.

3. Membuat Thumbnail

Thumbnail merupakan bagian penting yang harus Anda perhatikan. Buatlah thumbnail video yang menarik. Edit atau buat thumbnail Anda dengan menggunakan software editing profesional seperti Photoshop.

Selanjutnya, pasang thumbnail tersebut pada pengaturan thumbnail pada saat Anda akan mengunggah video di Youtube.

4. Buat Video yang Menarik

Optimasi SEO Youtube tidak akan berguna jika video yang Anda bagikan tidak memiliki nilai apa-apa. Artinya, video yang Anda bagikan berpengaruh. Jadi, pastikan Anda membuat sebuah konten yang menarik. Carilah konten viral. Atau, jenis konten yang evergreen yang tidak lekang dimakan waktu. Seperti, jenis konten bermanfaat dengan contoh “cara memasak nasi goreng”.

Konten tutorial adalah salah satu jenis konten yang tidak akan lekang dimakan waktu. Karena, akan terus bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

5. Unggah Video Dengan Kualitas Terbaik

Kualitas video yang dimaksud di sini adalah kualitas file-nya. Pastikan Anda mengunggah kualitas file video Anda dengan kualitas yang terbaik. Hal ini demi kenyamanan setiap orang yang menyaksikannya.

Karena, semakin bagus kualitasnya, akan semakin nyaman ketika dilihat. Pastikan Anda mengunggah file video terbaik.

6. Share Video

Share video merupakan salah satu langkah kecil agar video Anda bisa dilihat oleh banyak orang. Share link video Youtube Anda melalui media sosial. Anda bisa memanfaatkan IG, atau FB untuk men-share video yang telah Anda unggah melalui Youtube.

Itulah 6 hal yang menjadi basic SEO Youtube yang harus Anda ketahui sebelum membuat dan mengunggah video Anda di Youtube. Semoga bermanfaat untuk Anda yang berencana menjadi seorang Youtuber.