Ciri-Ciri Virus Corona yang Harus Diwaspadai

Virus Corona
Corona sudah menjadi pandemi global yang telah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Corona Covid-19 termasuk ke dalam jenis virus baru. Artinya, virus ini masih belum memiliki pengobatan yang tepat. Masyarakat di berbagai negara, dihimbau untuk mencegah dan mengenal ciri-ciri virus Corona. Bagi yang belum mengenal ciri-cirinya, di sini kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Ciri-Ciri dan Gejala Virus Corona Covid-19

Sebagai informasi, Covid-19 atau virus Corona pertama kali menyebar di China pada bulan Januari tahun 2020. Orang yang terkena virus ini, biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Demam

2. Batuk

3. Sesak napas

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), penyakit ini akan dimulai dari gejala ringan di atas. Namun, gejalanya akan bertambah parah ketika sudah 2-14 hari setelah terkena paparan virus Corona.

Masyarakat diimbau untuk segera menghubungi bantuan medis jika sudah mendapatkan gejala-gejala berat. Yang harus segera menghubungi bantuan medis adalah gejala-gejala berat sebagai berikut:

1. Merasa kesulitan saat bernafas.

2. Tidak mampu atau kebingungan untuk bangun.

3. Nyeri atau tekanan yang konsisten pada bagian dada.

4. Bagian bibir atau wajah kebiru-biruan.

Namun, meski sudah terdapat gejala-gejala di atas, hal tersebut belum tentu mengindikasikan positif Corona. Pasien harus diperiksa lebih lanjut dan dites terkait positif atau tidaknya. Meski begitu, gejala-gejala di atas tidak boleh diabaikan begitu saja dan harus segera mendapatkan bantuan medis.

Kenapa Harus Segera Minta Bantuan Medis?

Perlu Anda ketahui, virus Corona adalah jenis virus yang penyebarannya terbilang sangat cepat. Setiap orang yang sudah memiliki gejala-gejala di atas, terutama gejala yang parah, harus segera ditangani. Karena, jika dinyatakan positif, maka akan berbahaya bagi lingkungan sekitar, baik keluarga, atau siapa saja yang pernah berinteraksi dengan si pasien.

Terutama bagi pasien yang sudah mengalami gejala infeksi parah yang telah kami jelaskan di atas, segeralah untuk meminta bantuan. Namun, untuk yang terpapar virus corona, namun tidak mengalami gejala-gejala apap pun, maka Anda bisa mengisolasi diri di rumah, jangan dulu keluar rumah selama 14 hari. Batasilah kontak dengan orang lain.

Bagaimana Cara Mengobati Corona?

Hingga saat ini, infeksi yang disebabkan oleh virus Corona atau Covid-19, belum bisa diobati. Meski begitu, ada beberapa cara yang sangat dianjurkan untuk pengobatannya. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Menjalani karantina dan perawatan di rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah.

2. Tenaga medis akan memberi si pasien sejumlah obat tertentu.

3. Penderita Covid-19 dianjurkan untuk mengisolasi diri dan istirahat secukupnya.

4. Banyak mengonsumsi air putih untuk menjaga cairan di dalam tubuh.

Komplikasi yang Disebabkan Oleh Virus Covid-19

Melansir dari Alodokter, Covid-19 juga dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius. Berikut beberapa komplikasi-komplikasi tersebut:

1. Gagal ginjal

2. Infeksi sekunder pada organ yang lain

3. Pneumonia

4. Acute respiratory distress syndrome

5. Acute cardiac injury

6. Kematian

Komplikasi akibat Covid-19 tergolong sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian. Karena belum ada pengobatan yang tepat, sebaiknya kita menghindarinya dengan cara alami yang dianjurkan. Cara untuk menghindarinya bisa dengan mencuci tangan, menggunakan masker, dan beberapa pencegahan lainnya.

Demikian ulasan seputar ciri-ciri virus Corona yang wajib diketahui oleh setiap orang. Dengan mengenal ciri-cirinya, kita menjadi lebih tahu dan bisa melakukan tindakan sejak dini untuk pencegahan maupun pengobatan sesuai dengan anjuran para ahli kesehatan dan juga pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

untuk saran silahkan berkomentar di bawah ini!