Berbagai Cara Alami Pencegahan Virus Corona yang Harus Diketahui

Pencegahan Virus Corona
Virus Covid-19, adalah jenis virus baru yang hingga saat ini masih belum ada pengobatannya. Meski begitu, virus yang sudah menyebar ke seluruh dunia ini, ternyata bisa dicegah dengan cara alami. Nah, bagi yang ingin tahu pencegahan virus Corona secara alami, di sini kami akan menjelaskannya secara detail kepada Anda.

Di Indonesia, sudah ada ribuan orang yang positif terkena virus tersebut. Itulah kenapa, kita harus mulai memperhatikan cara pencegahannya mulai dari sekarang. Berikut cara alami untuk mencegahnya:

1. Physical Distancing & Social Distancing

Physical distancing dan social distancing memiliki fungsi berbeda, meski keduanya sama-sama menjaga jarak. Physical distancing adalah menjaga jarak minimal 1 meter pada saat berinteraksi meski masih tetap bersosialisasi, seperti bekerja, dan aktivitas-aktivitas lain yang dilakukan di dalam maupun di luar ruangan.

Sedangkan social distancing adalah meminimalisir aktivitas sosial seperti keluar rumah untuk melakukan berbagai aktivitas. Pada saat social distancing, kita akan melakukan semua aktivitas di rumah, mulai dari bekerja, hingga belanja. Intinya, selama tidak darurat, tidak boleh meninggalkan rumah.

2. Cara Alami Mencegah Corona dengan Mencuci Tangan

Mencuci tangan secara rutin, terutama setelah kita dari luar rumah, adalah pencegahan yang preventif yang tepat untuk virus Corona. Ada dua jenis cairan yang bisa digunakan untuk mencuci tangan. Pertama Anda bisa menggunakan hand sanitizer, dan kedua menggunakan sabun.

Mana yang lebih baik antara hand sanitizer dan sabun? Menurut WHO, sabun jauh lebih efektif membunuh kuman, bakteri, hingga virus yang menempel di tangan. Jadi, jika kesulitan mencari hand sanitizer, Anda bisa menggunakan sabun.

3. Berolahraga Secara Teratur

Bagi yang tinggal di daerah yang sudah terjangkit virus Corona, olahraga mungkin sudah sulit dilakukan. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga. Anda masih tetap bisa berolahraga meski di dalam rumah.

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Karena, virus tidak akan betah pada tubuh yang memiliki daya tahan baik.

4. Pola Makan Sehat

Sama seperti olahraga, tujuan mengonsumsi makanan sehat adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap terjaga. Konsumsilah berbagai makanan sehat mulai dari sayuran, buah-buahan, ikan, dan masih banyak lainnya.

Namun sebagai catatan, bagi Anda yang mengolah makanan dari daging, sebaiknya Anda olah terlebih dahulu sampai matang.

5. Menggunakan Masker

Ada dua jenis masker yang bisa kita gunakan untuk menangkal virus corona. Dua jenis masker sangat direkomendasikan. Pertama yaitu jenis masker bedah, dan kedua jenis masker N95.

Masker bedah adalah jenis masker yang biasa digunakan oleh tenaga medis. Masker ini hanya bisa digunakan sekali pakai. Masker bedah cukup bagus untuk menangkal virus covid-19.

Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang tergolong paling efektif menangkal virus Corona. Karena, masker ini dapat menyaring partikel yuang berbahaya di udara. Sehingga, N95, adalah jenis masker yang paling direkomendasikan untuk menangkal Covid-19.

6. Tidak Datang ke Daerah yang Terjangkit Virus

Hindari bepergian ke daerah yang terjangkit virus Covid-19. Baik itu daerah-daerah yang ada di dalam negeri, maupun di luar negeri. Tetap lakukan physical distancing dan social distancing.
Saat ini, virus Covid-19 sudah tersebar ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Jadi, pertimbangkanlah jika Anda ingin bepergian ke daerah-daerah yang terjangkit.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk pencegahan virus corona secara alami. Cara di atas adalah cara paling mudah dan efektif, karena virus corona hingga saat ini masih belum ada pengobatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

untuk saran silahkan berkomentar di bawah ini!