Pencegahan Virus Corona dengan Cuci Tangan dan Masker

Pencegahan Virus Corona / Covid 19
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Istilah tersebut juga sangat tepat untuk pencegahan virus Corona yang kini sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Hingga saat ini, Corona Covid-19 belum ada pengobatan yang benar-benar bisa diandalkan. Maka dari itu, pencegahan adalah solusi utama dan terbaik agar kita bisa terhindar dari penyakit paling berbahaya ini.

Ternyata, untuk mencegah Corona kita bisa melakukannya dengan cara sederhana saja. Pencegahan bisa dilakukan dengan cara yang alami namun tetap efektif. Caranya yaitu dengan mencuci tangan secara teratur, dan menggunakan masker. Ingin tahu lebih detailnya? Simak artikel ini hingga selesai, ya.

Cara Mencuci Tangan yang Tepat Untuk Mencegah Corona

Mencuci tangan adalah salah satu tindakan preventif untuk mencegah infeksi virus corona. Karena, dengan mencuci tangan, virus tersebut akan mati. Namun, mencuci tangan tidak boleh asal-asalan. Anda harus tahu cara mencuci tangan yang tepat, dan juga apa yang harus digunakan, berikut caranya:

1. Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Mencuci tangan dengan sabun adalah cara terbaik untuk membunuh virus Corona yang menempel di tangan. Cucilah tangan Anda dengan menggunakan air yang mengalir, kemudian gunakanlah sabun. Lama cuci tangan yang dianjurkan adalah 20 detik.

Pastikan semua bagian tangan Anda dicuci hingga bersih, termasuk bagian punggung tangan, kuku, hingga sela-sela jari. Setelah selesai mencucinya, silahkan keringkan menggunakan tisu, mesin pengering tangan, atau handuk yang bersih.

2. Mencuci Tangan Menggunakan Hand Sanitizer

Hand sanitizer sangat cocok untuk Anda yang masih beraktivitas di luar ruangan. Di luar ruangan, Anda mungkin akan kesulitan mendapatkan sabun untuk mencuci tangan. Jadi, hand sanitizer adalah solusi yang tepat untuk pencegahan Corona.

Namun, jangan asal memilih produk hand sanitizer. Pilihlah jenis hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol minimal 60%. Karena, kandungan tersebut akan sangat efektif sekali untuk membasmi kuman.

Mencegah Corona dengan Menggunakan masker

Menggunakan masker sangat wajib untuk mencegah virus corona. Dengan menggunakan masker,  virus tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh. Ada dua jenis masker yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Berikut jenis masker yang bisa Anda pilih untuk digunakan sebagai penangkal virus corona:

1. Masker Bedah

Masker bedah adalah jenis masker berwarna hijau dan biasa digunakan oleh tenaga medis. Masker sekali pakai ini, efektif untuk mencegah virus corona. Harga masker bedah relatif terjangkau, meskipun di tengah wabah virus corona masker ini memiliki harga yang cukup mahal.
Perhatikan juga cara menggunakan masker bedah yang tepat. Pastikan bagian masker berwarna hijau mengarah ke luar. Sedangkan bagian putihnya berada di dalam. Bagian berwarna putih adalah material yang bisa menyerap kotoran dan menyaring kuman di udara.

2. Masker N95

N95 adalah masker yang paling direkomendasikan oleh para ahli untuk mencegah corona. Masker ini bisa menyaring berbagai partikel berbahaya yang ada di udara. Masker N95, dapat mencegah infeksi virus corona.

Namun, jenis masker ini kurang nyaman digunakan dan relatif mahal dibandingkan dengan jenis masker bedah biasa. Meski begitu, masker ini tetap menjadi rekomendasi nomor satu untuk mencegah virus corona.

3. Masker Kain

Masker kain marak dijual di tengah kelangkaan jenis masker bedah dan N95. Menurut ahli kesehatan, kain masih bisa digunakan daripada tidak menggunakan masker sama sekali. Masker kain juga bisa dipakai berulang –ulang. Namun, masker kain harus dicuci 30 menit sekali.

Nah, itulah pencegahan virus Corona secara alami yang bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu cuci tangan dan masker. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

untuk saran silahkan berkomentar di bawah ini!