Cara Mudah Pencegahan Virus Corona yang Wajib Diketahui

Cara Mudah Pencegahan Virus Corona yang Wajib Diketahui
Pencegahan Virus Corona
Corona adalah sebuah virus mematikan yang baru muncul di awal tahun 2020 di China. Selang beberapa bulan saja, virus Corona Covid-19 sudah masuk ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Di tengah wabah yang mengancam ini, masyarakat wajib tahu cara pencegahan virus Corona yang tepat. Dengan begitu, ancaman virus ini setidaknya bisa dikendalikan.

Ada cukup banyak cara pencegahan yang bisa Anda upayakan agar terbebas dari wabah mematikan ini. Adapun cara pencegahannya telah kami rangkum berikut ini:

1. Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan adalah cara yang paling efektif membunuh virus corona. Anda bisa menggunakan hand sanitizer maupun sabun biasa. Mencuci tangan bisa membunuh virus yang menempel di tangan sehingga tidak masuk ke dalam tubuh kita.

Sebagai informasi, corona sendiri merupakan virus yang berasal dari hewan unta dan kelelawar. Namun, virus tersebut bisa menular ke manusia. Penularannya bisa melalui percikan bersin, dahak pada saat batuk.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyatakan bahwa hingga saat ini masih belum ada pengobatan untuk menyembuhkan infeksi virus Covid-19. Maka dari itu, WHO menyarankan seluruh masyarakat yang ada dunia untuk mencuci tangan secara teratur.

2. Selalu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Virus corona tidak akan menyebabkan dampak yang parah terhadap orang yang memiliki daya tahan tubuh yang baik. Untuk menjaga daya tahan tubuh, sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, ikan, telur, dan masih banyak lainnya.

Jangan lupa juga untuk selalu berolahraga secara rutin dan teratur. Berhentilah merokok dan juga tidak mengonsumsi alkohol. Dengan begitu, daya tahan tubuh Anda akan semakin meningkat sehingga bisa terhindar dari Corona.

3. Menggunakan Masker

Saat ini masker menjadi barang yang langka, terutma masker yang biasa digunakan oleh tenaga medis. Ada dua jenis masker yang bisa digunakan untuk mencegah Covid-19, yaitu jenis masker bedah dan masker N95.

Masker bedah adalah jenis masker yang hanya bisa digunakan sekali pakai saja. Masker ini umumnya  digunakan oleh tenaga medis ketika bekerja. Harganya pun cukup terjangkau dibandingkan masker N95.

Sedangkan masker N95, adalah jenis masker khusus. Masker ini bisa menyaring partikel berbahaya yang ada di udara. Masker N95 adalah masker yang direkomendasikan untuk mencegah virus Corona. Namun, harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis masker biasa.

4. Hindari Kontak dengan Hewan Yang Berpotensi Menularkan Covid-19

Seperti yang telah kami singgung di atas, Covid-19 adalah jenis virus yang disebarkan oleh hewan. Maka dari itu, hindarilah kontak langsung dengan hewan yang berpotensi menularkan virus Corona.
Hewan yang harus Anda hindari mulai dari hewan mamalia hingga jenis hewan reptil. Jika mengonsumsi daging, pastikan daging tersebut Anda olah hingga matang.

5. Tidak Pergi ke Daerah yang Terjangkit Virus

Hindari bepergian ke daerah, baik itu daerah di Indonesia, maupun di luar negeri, yang terjangkit virus Corona. Di Indonesia sendiri virus Corona sudah menyebar hampir ke seluruh provinsi. Jadi, sebaiknya batalkan dan urungkan niat Anda untuk bepergian ke tempat tersebut.

Selain itu, Anda pun disarankan untuk melakukan physical distancing dengan menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain pada saat berinteraksi.

Nah, itulah beberapa cara pencegahan virus corona yang wajib diketahui oleh setiap orang. Pastikan Anda mengikuti cara-cara di atas agar terhindar dari penyakit yang tergolong berbahaya ini. Semoga bermanfaat yang dapat menambah pengetahuan Anda terkait pencegahan virus Covid-19.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

untuk saran silahkan berkomentar di bawah ini!