Ciri-Ciri Virus Corona dan Cara Mencegahnya

Ciri-ciri Virus Corona
Corona atau Covid-19 adalah virus yang mulai muncul di bulan Januari tahun 2020. Tidak lama berselang, Covid-19 sudah menjadi pandemi yang menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di tengah penyebarannya, sangat penting bagi setiap orang untuk mengenali ciri-ciri virus Corona. Pasalnya, dengan mengetahui ciri-cirinya, kita bisa langsung meminta bantuan tenaga medis.

Ciri-Ciri Virus Covid-19 atau Virus Corona

Ciri-ciri virus Corona atau Covid-19 tergolong cukup banyak. Berikut ciri-ciri yang umum dan harus Anda ketahui untuk mengenalinya:

· Batuk kering
· Demam tinggi di atas 38 derajat celcius
· Sesak napas atau kesulitan pada saat bernapas
· Sakit tenggorokan
· Sakit kepala
· Lemas

Namun perlu Anda ketahui, virus ini memiliki masa inkubasi sekitar 14 hari. Artinya, Anda bisa saja memiliki virus tersebut hingga 14 hari, meskipun tidak menyadari gejala-gejalanya. Jika sudah terdapat gejala-gejala di atas, silahkan minta bantuan medis untuk penanganan lebih lanjut.

Cara Mencegah Virus Corona

Meski sampai saat ini infeksi corona belum ada obatnya, namun penyakit ini masih bisa kita cegah. Cara pencegahan virus Corna bisa dilakukan secara alami melalui cara-cara berikut ini:

1. Rajin Mencuci Tangan

Virus Covid-19 atau Corona bisa kita cegah dengan cara mencuci tangan. Cucilah tangan secara rutin baik menggunakan sabun maupun hand sanitizer. Keduanya bisa dimanfaatkan untuk membunuh kuman, bakteri, hingga virus yang menempel di tangan kita.

Cucilah tangan selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan Anda dicuci secara merata, mulai dari punggung tangan, sela-sela jari, hingga bagian kuku.

2. Gunakan Masker

Masker sangat penting di tengah penyebaran virus corona. Fungsinya yaitu untuk menahan virus agar tidak masuk ke tubuh kita. Ada dua jenis masker yang disarankan, yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker bedah adalah masker berwarna hijau yang biasa digunakan oleh tenaga medis. Sedangkan masker N95, adalah masker yang sangat direkomendasikan untuk pencegahan virus Covid-19.

3. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Infeksi virus Corona juga bisa dicegah dengan menerapkan pola makan sehat. Tujuannya agar tubuh kita tetap terjaga. Karena, daya tahan tubuh yang baik, akan mencegah perkembangan virus di dalam tubuh kita. Sehingga, kita pun akan sembuh dengan sendirinya.

Makanan yang wajib Anda konsumsi di antaranya seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan masih banyak lainnya. Hindari rokok, alkohol, dan junk food.

4. Rutin Berolahraga

Selain makanan, berolahraga juga merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Meski tidak bisa keluar rumah untuk berolahraga, sempatkanlah berolahraga meskipun di dalam rumah atau ruangan. Dengan begitu, Anda masih bisa tetap bugar dan menjaga kesehatan. Sesuaikan olahraga dengan kemampuan. Bagi yang tidak mampu melakukan olahraga berat, silahkan lakukan olahraga ringan saja.

5. Tidak ke Tempat yang Terpapar Virus Corona

Jika tidak darurat atau memaksa, sebaiknya Anda tidak datang ke tempat yang terpapar virus Corona. Sebaiknya diamlah di tempat Anda berada saat ini. Hal ini untuk mencegah dari paparan virus Corona.

Selain itu, tetap lakukan physical distancing dan social distancing sesuai dengan aturan pemerintah setempat. Cara ini ampuh untuk mencegah Corona yang kini sudah menyebar ke berbagai daerah.

Demikian ulasan seputar ciri-ciri virus Corona. Di atas, kami juga memaparkan secara lengkap dan jelas apa saja hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya dengan cara alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

untuk saran silahkan berkomentar di bawah ini!