6 SEO Tool Gratis untuk Riset Kata Kunci

Sulit melakukan riset kata kunci? Ada tool yang memberi kemudahan tapi berbayar? Tidak usah kahwatir. Ada cukup banyak SEO tool gratis yang bisa dimanfaatkan, khususnya untuk riset keyword. Jadi, Anda bisa melakukan riset menggunakan tool tanpa harus mengeluarkan uang. Meski gratis, fiturnya pun terbilang lengkap dan membantu.

Nah, berikut ini akan kami paparkan 6 tool SEO gratis yang bisa Anda gunakan untuk riset kata kunci:

SEO tool gratis adalah solusi untuk mengoptimasi SEO dengan biaya rendah. Berikut ini akan kami informasi 6 tool SEO yang bisa Anda manfaatkan untuk riset kata kunci. Tool ini sudah sering direkomendasikan oleh para pakar SEO.
SEO Tools
1. Google Trends

Hingga saat ini, Google Trends masih menjadi tool yang digunakan untuk riset kata kunci. Tool ini merupakan fitur dari Google. Di sini Anda bisa menemukan apa saja yang sedang trending saat ini. Google Trends mampu menunjukan jumlah atau volume dari statistik keyword. Selain itu, tool ini pun mampu menyajikan data dalam bentuk grafik berwarna.

2. Google Keyword Planner

Sebenarnya ini merupakan fitur berbayar dari Google. Tapi, bisa diakses juga secara gratis dengan fitur terbatas. Meski terbatas, tool ini mampu melakukan riset keyword secara detail. Cara menggunakannya pun mudah.

3. Moz Tool

Tool gratis ini cocok digunakan untuk melakukan inbound marketing. Tampilan aplikasinya sangat user friendly. Moz juga menyediakan beberapa fitur gratis yang cukup powerfull. Fitur lain yang bisa Anda dapatkan seperti Open Site Explorer, The SERP Overlay, Followerwonk, dan Moz Local. Anda bisa menggunakannya sebagai senjata untuk riset kata kunci.

4. Keywordtool.io

Meski belum sempurna, Keywordtool.io bisa menjadi tool SEO gratis untuk Anda. Anda bahkan bisa mendapatkan beberapa saran long tail keyword dengan mudah melalui tool ini. Ada banyak sekali keyword yang disarankan. Semua keyword adalah yang paling banyak dicari oleh pengguna. Tool ini sangat mudah sekali digunakan oleh pemula.

5. Bing Webmaster Tools

Selain Google, Bing juga memiliki tool yang tak kalah baik. Bing Webmaster Tool (BWT) dapat meningkatkan SEO pada website Anda. Tool ini bagus untuk mengetahui sejauh mana performa website Anda dalam mesin pencari. BWT juga akan menunjukan jumlah klik website berdasarkan pencarian query dari Bing itu sendiri.

6. Google Search Console

Dulu, tool ini dikenal sebagai Google Webmaster. Tapi kini, tool tersebut dikenal dengan Google Search Console. Tool ini mampu menyajikan data yang sama, tapi untuk mesin pencari Google saja. Anda bisa menggunakan tool ini bersamaan dengan Bing Webmaster Tool. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan data yang lebih baik.

Itulah ulasan seputar beberapa SEO tool gratis yang bisa Anda coba dan aplikasikan. Tool SEO sangat penting untuk optimasi website Anda. Kehadiran tool tersebut, akan mempermudah Anda dalam mengoptimasi website. Sebelum Anda mempunyai dana lebih, tidak ada salahnya untuk menggunakan tool gratis terbaik di atas.