Panduan Singkat dan Padat Tentang SEO Youtube

SEO (Search Engine Optimization) tidak hanya kita kenal untuk website saja. Ternyata, bagi para Youtuber pun wajib mengenal SEO Youtube. Fungsinya sama dengan SEO untuk website. Yaitu meningkatkan potensi kemunculan di halaman utama mesin pencari. Di sini, kami akan mengulas panduan tentang optimasi SEO untuk Youtube. Aplikasikanlah langkah-langkah di bawah ini agar channel Youtube Anda mudah ditemukan user.

Ingin video Youtube Anda mudah ditemukan? Berikut ini akan kami paparkan beberapa langkah-langkah SEO Youtube untuk membangun channel menjadi lebih baik. Pastikan Anda menerapkan semua optimasi yang akan kami bagikan berikut ini.

1. Riset Keyword

Riset kata kunci adalah optimasi pertama yang perlu Anda perhatikan. Sama halnya dengan SEO website, Anda harus memiliki kata kunci yang relevan dan banyak dicari. Namun, istilah yang digunakan di sini adalah video keyword. Ada beberapa riset yang bisa Anda gunakan. Misalnya seperti keyword untuk kategori review, funny video, tutorial, dan lainnya.

Untuk mencarinya Anda bisa menggunakan Google atau mesin pencari di Youtube itu sendiri. Lihatlah keyword suggestion yang muncul. Contoh, jika Anda mengetikkan keyword “tutorial makeup”, maka akan keluar banyak variasi suggestion keyword yang bisa dipilih.

2. Buatlah Channel dan Video yang Menarik

Jangan lupa untuk membuat channel dan video semenarik mungkin. Buatlah logo channel Anda sendiri. Buat juga banner agar channel Anda tampak serius. Membuat video menarik bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakan smartphone, kamera profesional, atau menggunakan aplikasi video capture untuk merekam layar komputer, dan cara lainnya.

3. Cara Membangun On Page SEO Youtube

Cara membangun on page SEO di Youtube terbilang mudah. Pertama, pastikan file video yang akan diupload mengandung keyword yang Anda targetkan. Selanjutnya, buatlah judul video yang mengandung unsur keyword.

Jangan lupa untuk membuat deskripsi yang lengkap. Masukkan juga keyword pada deskripsi yang dibuat. Buatlah deskripsi dengan minimal panjang 250 kata. Terakhir, jangan lupa untuk memberi tags pada video Anda.

4. Bangun Channel Youtube Tanpa Optimasi Berbahaya

Yang dimaksud optimasi berbahaya di sini adalah optimasi yang dianggap black hat. Beberapa di antaranya seperti menggunakan jasa viewer, jasa subscriber, melakukan sub for sub, dan lain sebagainya. Bangunlah channel secara white hat. Dengan begitu, channel Youtube Anda akan aman dari banned, dan peringatan-peringan lain yang merugikan dari pihak Youtube.

Buatlah video yang menarik tanpa harus plagiat dari video orang lain. Jika Anda ingin menggunakan video milik orang lain, pastikan untuk memasukkan  sumber dan ketahui ketentuan durasi tayang, dan ketentuan lainnya.

5. Jangan Lupa untuk Mempromosikan Video Anda

Setelah proses upload selesai, promosikanlah video Anda. Tujuannya agar mendapatkan viewer yang banyak. Anda bisa mempromosikannya melalui media sosial, baik itu FB, IG, dan masih banyak lainnya. Dengan begitu, video yang Anda upload akan mudah dikenal.

Demikian ulasan tentang optimasi SEO Youtube. Untuk Anda yang ingin menjadi Youtuber, aplikasikan 5 langkah di atas agar channel Anda semakin lebih baik.