Artikel SEO Friendly Penjelasan dan Cara Membuatnya

Artikel adalah konten yang menjadi raja pada suatu website atau blog. Artikel akan menentukan tingkat kualitas suatu website pada mesin pencari. Itulah kenapa, pembuat artikel untuk website atau blog sedikitnya harus tahu apa itu SEO. Pasalnya, artikel SEO friendly akan membawa website tersebut menempati peringkat di Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya.
Artikel SEO Friendly

Apa Itu Artikel SEO Friendly?

Artikel yang dibuat secara SEO friendly artinya artikel yang sudah dioptimasi SEO. SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian optimasi agar website bisa menempati peringkat teratas mesin pencari.

SEO sendiri memiliki cukup banyak teknik. Seorang penulis artikel tidak harus memahami semua teknik SEO. Para penulis hanya cukup paham beberapa metode SEO on page  yang diaplikasikan pada artikel. Tujuannya agar artikel mudah dirayap oleh Google.

Cara Membuat Artikel yang SEO Friendly

Adapun cara membuat artikel yang SEO friendly adalah sebagai berikut:

1. Riset Kata Kunci

Kata kunci atau keyword merupakan basic SEO pada artikel. Carilah keyword yang banyak dicari dengan tingkat kompetisi rendah. Gunakan juga keyword turunan atau LSI (Latent Semantic Indexing) keyword.

Untuk meriset kata kunci, Anda bisa menggunakan tools atau melalui Google suggestion. Tools untuk riset kata kunci sendiri cukup banyak. Ada tools berbayar, ada juga yang bisa digunakan secara gratis.

2. Cara Penggunaan dan Penempatan Kata Kunci

Kata kunci yang sudah didapatkan ditempatkan di judul, paragraf pertama, di tengah artikel dan akhir. Tingkat density keyword tidak boleh lebih dari 4%. Jadi, jika Anda membuat artikel 500 kata, keyword tidak boleh ditulis lebih dari 5 kali.

Penggunaan keyword juga harus alami. Sehingga, pembaca tidak akan merasa aneh dengan penempatan keyword tersebut.

3. Jumlah Kata

Menurut sejumlah pakar SEO, jumlah kata untuk artikel SEO minimal 500 kata. Lebih banyak jumlah kata akan lebih bagus. Semakin banyak jumlah kata, semakin mendalam dan detail informasi yang disampaikan. Tapi, Anda harus tetap menjaga kualitasnya agar tetap relevan dan tidak melebar ke mana-mana.

4. Gunakan Paragraf Pendek

Membuat artikel di website, berbeda dengan membuat artikel biasa. Penulisan artikel website harus dibuat dengan paragraf pendek. Satu paragraf tidak boleh lebih dari 4 baris. Tujuannya agar mata pembaca tidak merasa lelah.

5. Human Readable

Artikel harus dibuat dengan teknik penulisan yang benar, ejaan yang baik, dan mudah dipahami. Karena, kini Google sudah memiliki algoritma khusus untuk mendeteksi kualitas artikel yang baik. Selain informasi lengkap dan detail, artikel harus nyaman dibaca. Karena, tujuan membuat artikel bukan untuk robot SEO, tapi untuk manusia.

Artinya, SEO hanya sekedar optimasi saja. Selebihnya artikel dibuat untuk pembaca yang sedang mencari informasi terkait keyword yang dicarinya. Nah, itulah penjelasan seputar artikel SEO friendly. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang belajar menulis artikel untuk blog atau website.