Cara Optimasi SEO YouTube Terbaru

SEO YouTube
SEO (Search Engine Optimization) adalah optimasi agar konten mudah ditemukan di mesin pencari. Sehingga, konten tersebut berada pada peringkat terbaik di mesin pencari. SEO tidak hanya diimplementasikan pada website. Kini, SEO juga berpengaruh bagi para pemilik channel Youtube. SEO Youtube sudah diaplikasikan oleh para Youtuber agar konten mudah ditemukan.

Pada dasarnya, SEO Youtube tidak jauh berbeda dengan SEO di website. Tapi, cara mengaplikasikan teknik beberapa di antaranya ada yang berbeda. Nah, untuk Anda yang penasaran bagaimana cara mengaplikasikan SEO untuk Youtube, simak berikut caranya:

1. Riset Keyword

Sebelum mengupload konten, lakukanlah riset keyword terlebih dahulu. Hal ini bukan hanya untuk membuat video menjadi SEO, juga agar mudah ditemukan. Tips cara mengaplikasikannya tidak jauh berbeda dengan SEO untuk blog. Riset keyword penting untuk mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari dan sedang populer.

Untuk melakukan riset, Anda bisa menggunakan tool. Atau, bisa juga dengan memilih keyword pada search suggestion.

2. Buat Video yang Menarik Berdurasi Panjang

Konten yang menarik adalah bagian dari SEO. Hal ini merupakan yang paling mendasar. Jika video Anda menarik dan ditonton banyak orang dalam durasi yang panjang, maka video akan mudah ditemukan.

3. Gunakan Keyword Pada Nama File Video

Setelah Anda mendapatkan keyword untuk video Anda, gunakan juga pada file video. Misalnya, keyword yang Anda dapatkan adalah “10 game HP terbaik”, maka gunakanlah keyword tersebut menjadi nama file video Anda.

4. Gunakan Keyword Pada Judul

Gunakanlah keyword yang sudah Anda targetkan ke dalam judul. Keyword Anda misalnya “10 game HP terbaik”, kemudian masukan pada judul misalnya seperti “Daftar 10 game HP terbaik 2019”. Hal ini penting untuk diperhatikan. Pasalnya, judul adalah bagian awal yang akan diindeks oleh mesin pencari.

5. Gunakan Keyword Pada Meta Deskripsi

Dalam Youtube, pada saat akan meng-upload video ada kolom yang bisa diisi dengan deskripsi. Kolom ini harus Anda isi untuk menjelaskan deskripsi video Anda. Nah, pada kolom ini, Anda juga harus menggunakan keyword. Tujuannya agar video Anda mudah diindeks oleh mesin pencari.

Namun, Anda harus memperhatikan peletakkan keyword. Gunakan keyword sewajarnya saja. Jangan menumpuknya sehingga pihak Youtube nantinya akan menganggap hal tersebut sebagai spam. Gunakan kata kunci agar nyaman dibaca.

6. Upload Video Berkualitas HD

Video yang Anda upload harus memiliki kualitas HD (High Definition). Video HD adalah jenis video yang memiliki tingkat kejernihan sangat baik. Untuk mendapatkan kualitas ini, Anda bisa menggunakan kamera atau handycam. Atau, bisa juga menggunakan smartphone yang telah didukung dengan perekam video HD.

Demikian ulasan seputar SEO Youtube. Jika Anda seorang Youtuber pemula, pastikan Anda mengaplikasikan SEO di atas. Dengan begitu, video Anda akan mudah ditemukan.