Mengenal Apa Itu Seo Friendly yang Dibutuhkan Oleh Website

SEO Friendly
Istilah SEO friendly mungkin tidak asing bagi para digital marketer. Tapi bagi Anda, dan para pelaku bisnis online mungkin ada yang masih awam. Pada dasarnya, istilah tersebut merujuk kepada serangkaian optimasi. Optimasi tersebut dilakukan agar website menempati posisi teratas pada halaman mesin pencari. Tentu hal ini sangat dibutuhkan agar produk maupun layanan bisnis Anda mudah dikenali.

SEO Friendly adalah sebuah atau suatu website yang telah dioptimasi dengan serangkaian teknik SEO (Search Engine Optimization). Sehingga, website tersebut mudah ditemukan di mesin pencari. Untuk lebih jelasnya, berikut kami paparkan jenis website yang sudah teroptimasi dengan SEO sehingga lebih friendly di mesin pencari.

1. Konten Website Mudah Dirayap Mesin Pencari

Website yang telah dioptimasi secara baik oleh SEO, akan mudah diindeks mesin pencari. Konten yang dimaksud dalam konteks ini adalah artikel. Artikel yang Anda posting, akan mudah ditemukan. Asalkan, artikel yang dibuat berkualitas dan telah dioptimasi SEO juga.

2. Website Ramah dan Mudah Digunakan

Tampilan website dapat mempengaruhi SEO. Desainnya harus benar-benar ramah dan mudah digunakan user. Karena, memperhatikan tampilan website termasuk ke dalam teknik SEO on page yang perlu diimplementasikan.

3. Struktur Link Mudah Dirayap

Mesin pencari seperti Google, selalu butuh link untuk mencari konten yang dicari user. Jika website memiliki struktur link yang baik, maka website akan mudah dirayap oleh mesin pencari. Yang penting untuk diperhatikan terkait hal ini adalah navigasi website. Navigasi akan membuat mesin sulit untuk mengidentifikasi jika dikelola secara buruk.

4. Keyword Terarah

Dalam SEO, keyword adalah elemen yang sangat penting. Keyword menjadi elemen yang berpengaruh pada saat proses mengindeks suatu halaman. Keyword juga merupakan elemen yang bisa menentukan ranking web di mesin pencari. Untuk mengoptimalkannya, Anda harus melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Aplikasikan keyword pada konten, atau artikel. Cara pengaplikasian bisa dilakukan pada judul, paragraf pertama, dan paragraf terakhir. Selain itu, pastikan juga keyword memiliki density tidak lebih dari 4%.

Keuntungan Mengaplikasikan SEO Pada Website

Ada banyak keuntungan mengaplikasikan SEO pada website. Adapun keuntungan-keuntungannya adalah sebagai berikut:

1. Website berpotensi menempati posisi terbaik di mesin pencari

2. Produk atau layanan suatu perusahaan semakin mudah ditemukan di mesin pencari

3. Meningkatkan traffic website

4. Meningkatkan keuntungan bisnis melalui pemasaran secara online

5. Meningkatkan brand awareness kepada pengguna internet

6. Berpeluang untuk menguasai keyword tertentu di mesin pencari

Dari uraian di atas, maka bisa kita simpulkan bahwa SEO berperan penting pada website perusahaan. SEO friendly adalah target bagi para digital marketer. Karena, SEO saat ini menjadi suatu strategi bisnis yang berpotensi untuk memviralkan suatu website, produk, atau layanan agar mudah dikenal.