Nikmati Keindahan Wisata Garut Sambil Mencicipi Kelezatan 6 Masakan Sunda

Nasi Timbel Khas Sunda

Garut tidak hanya memiliki wisata alam, namun juga terkenal dengan wisata kulinernya yang banyak diburu oleh para wisatawan. Siapa yang bisa menyangkal kenikmatan makanan Sunda, Dibandingkan dengan hidangan tradisional Indonesia lainnya, makanan Sunda sebagian besar ditandai dengan rasa asam segar, sedikit manis, asin, dan kepedasan sempurna. Komponen utama lainnya termasuk sayuran hijau mentah yang dikenal sebagai "lalap" dan bumbu pasta udang.

Apakah Anda ingin melihat lebih banyak tentang wisata kuliner di garut? berikut adalah 6 makanan sunda paling enak yang dapat Anda santap sambil menikmati keindahan wisata garut yang memberikan keindahan alam yang alami!

1. Nasi Timbel

Nasi Timbel adalah presentasi masakan Sunda yang sempurna karena menawarkan elemen paling lengkap, dari sayuran mentah hingga saus terasi. Namun, yang paling menonjol pada dasarnya adalah nasi lokal yang dikompres menjadi daun pisang dan dikukus (terkadang dipanggang) sampai aroma lembaran hijau muncul, menciptakan sensasi tertentu. Hidangan tambahan untuk dinikmati termasuk ayam goreng, tahu / tempe, dan sayur asem.

2. Gepuk

Gepuk adalah sejenis dendeng yang biasa ditemukan tidak hanya di Jawa Barat tetapi juga di Jakarta. Rasa gurih dan sedikit manis menghipnotis para pecinta kuliner, sementara mereka menikmati kelembutan daging sapi. Sebelum direbus dalam banyak rempah-rempah seperti daun salam, asam, dan lengkuas, dagingnya dihancurkan dan dihantam - itulah mengapa disebut “Gepuk”.

3. Batagor 

Batagor adalah singkatan dari "Bakso Tahu Goreng" yang berarti bakso goreng dan tahu. Bakso terbuat dari daging ikan giling, tepung, bawang merah, garam, dan lada. Itu diisi di dalam tahu, digoreng garing dan dipotong-potong kecil. Langkah terakhir adalah menyiramnya dengan saus kacang, kecap manis, dan jus jeruk nipis - jika Anda menyukai sesuatu yang pedas, tambahkan saja saus sambal.

4. Combro

Combro adalah cemilan khas Sunda yang patut dicoba dan tidak dapat Anda lewatkan. Unsur unsur yang digunakan adalah singkong parut. Potongan ubi dibentuk menjadi bola sedang dan diisi dengan tumis oncom sepotong kacang fermentasi oranye-merah yang memiliki hubungan dekat dengan tempe. Ini adalah teman yang baik untuk minum teh sore hari, dan paling baik dikunyah dengan cabai hijau.

5. Sate Maranggi

Sate tidak selalu terbatas di Padang atau Madura - cukup bepergian ke Jawa Barat dan Anda akan menemukan Sate Maranggi yang lezat. Berasal dari daerah Purwakarta, daging kambing atau daging sapi yang ditusuk direndam dengan beberapa rempah, yaitu ketumbar dan jahe, kemudian dipanggang diatas api sedang. Alih-alih disiram dengan saus kacang, itu hanya disajikan dengan acar dan kecap manis.

6. Surabi 

Untuk menutup hidangan utama Sunda Anda, Surabi akan menjadi pilihan yang menarik. Pancake tradisional, terbuat dari campuran gandum dan tepung beras, dipanggang secara unik di atas cetakan kue tanah liat di atas arang panas. Ada berbagai macam topping yang bisa Anda pilih, seperti gula aren (yang asli), pisang, keju, nangka, dan durian.

Masakan Sunda benar-benar layak dicicipi. Jika Anda berencana untuk menjelajahi wisata garut di jawa barat, Anda harus menyertakan wisata kulinernya juga untuk mencoba masakan khas Sunda di rencana perjalanan Anda. Wilayah ini adalah surga makanan nyata, serta menawarkan keindahan alam yg alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

untuk saran silahkan berkomentar di bawah ini!